Kamis, 13 Oktober 2011

Mengelola PERTEMUAN RAPAT

Menurut Anda apa yang terbayang dalam diri anda saat  mendengar kata "RAPAT" ??????????
Menurut pendapat saya RAPAT adalah suatu kegiatan pertemuan antar 2 orang atau lebih dalam suatu ruangan dan bertujuan untuk membicarakan suatu masalah dan mencapai tujuan penyelesaain masalah tersebut.
Dan sedangkan Pengertian diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai sesuatu masalah.

Berdasarkan KBBI rapat adalh pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu,sidang ,majelis.
Sedangkan menurut buku Etika Komunikasi karangan Samir Rambe yang dimaksud rapat adalah kumpukan beberapa orang atau organisasi yang akan membicarakan suatu masalah atau kepentingan bersama untuk memberikan penjelasan memecahkan suatu persoalan dan sekaligus mengadakan perundingan demi memperoleh suatu suatu hasil yang disepakati/disetujui bersama.
Dalam buku Surat Menyurat dan Komunikasi karangan Cut Rozanna,Rapat adalah pertemuen antara para anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menyelesaikan suatu masalh yang menyangkut kepentingan bersama

TUJUAN SUATU RAPAT
tujuan diadakannya suatu rapat, yaitu :
  • Untuk memecahkan suatu masalah dan mencari jalan keluarnya
  • Untuk menyampaikan Informasi,perintah,pernyataan
  • Sebagai alat koordinasi
  • Agar peserta dapat ikut berpartisipasi 
  • Mempersiapkan suatu acara atau kegiatan 
  • Menampung semua permasalahan 
Jenis-jenis Rapat 
a. BERDASARKAN TUJUAN
  1. Rapat Penjelasan
rapat penjelasan adalah rapat yang diselenggarakan untuk tujuan menyampaikan penjelasan kepada para peserta rapat dari pimpinan.
     2. Rapat pemecah masalah
diselenggarakan untuk menemukan pemecahan masalah tentang suatu masalah yang sedang terjadi atau dihadapi.
     3. Rapat perundingan
adalah rapat yang diselenggarakan dengan tujuan menghindari timbulnya suatu perselisihan,mencari jalan tenggah agar tidak merugikan kedua beleh pihak.
B. BERDASARKAN SIFAT
  1. Rapat formal 
adalah rapat yang dilaksanakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu,sesuai dengan aturan yang berlaku dan semua peserta rapat memperoleh undangan .
     2. Rapat Informal
     3. Rapat Terbuka (dihadiri seluruh anggota organisasi)
     4. Rapat Tertutup (untuk kalangan tertentu)
C. BERDASARKAN JANGKA WAKTU 
  1. Rapat mingguan
  2. Rapat bulanan
  3. Rapat semester
  4. Rapat tahunan
D. BERDASARKAN FREKUENSI
  1. Rapat Rutin
  2. Rapat insidental (tanpa ada rencana,apabila ada masalah mendadak)
E. Berdasarkan nama
  1. Rapat Kerja
  2. Rapat dinas
  3. Musyawarah kerja
Syarat-syarat rapat 
syarat-syarat rapat adalah :
  • membicarakan suatu masalah
  • pada saat rapat seluruh anggota parat berperan aktif
  • pembicaraan bersifat terbuka
  • adanya unsur - unsur rapat.
Unsur -Unsur rapat yaitu :
  • tujuan rapat
  • masalah yang dirapatkan
  • pimpinan rapat
  • peserta rapat
  • media rapat
  • notulis atau sekretaris.


 

Kamis, 06 Oktober 2011

UNSUR - UNSUR MANAJEMEN

Unsur - unsur managemen dapat dirumuskan sebagai beriku:

  • Man                  : tenaga kerja manusia
  • Money              : uang diperlukan untuk mencapai tujuan
  • Methods           : cara atau sistem untuk mencapai tujuan
  • Materials          : bahan - bahan yang diperlukan 
  • Machines         : mesin-mesin yang diperlukan
  • Market            : pasar atau pemasaran, tempat untuk melempar hasil produksi atau karya.
Menurut beberapa Ahli arti Manajemen adalah sebagai berikut :
a. George R. Terry menagatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih           dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.

b. Prof.Dr.Sondang P. Siagian mengatakan bahwa manajemen adalah kemampuan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melaui kegiatan orang lain .

c. Ensiklopedi Administrasi merumuskan bahwa manajemen adalah segenap perbuatan menggerakkan sekelompok orang dan menggerakkan fasilitas dalam suatu usaha kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu kegiatan usaha atau proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melaui kerjasama dengan orang lain.

MANFAAT MANAJEMEN

  •  Manfaat Manajemen yaitu :
  1. semangat kerja yang tinggi serta keseluruhan,
  2. pencapaian tujuan dapat dilakukan secara efektif dan efisien,
  3. suatu kegiatan menjadi produktif
  4. keteraturan dan ketertiban secara keseluruhan,
  5. menghindari salah mis manajemen,
  6. adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di antara sekelompok orang untuk mencapai tujuan,

PENGERTIAN MANAJEMEN

Kata menjemen berasal dari bahasa Asing .Dalam bahasa Inggris,manajemen berasal dari kata to manage yang berarti membina, memimpin, mengurus, mengelola,mengendalikan.
Para ahli mengatakan bahwa manajemen berasal dari bahasa latin yaitu mano dan egere. Mano berarti tangan ,dan egere berarti melakukan sesuatu. jadi dapat diartikan menegeire adalah melakukan sesuatu melalui tangan - tangan. Maksutnya dalam melaksanakan tugasnya Seorang Pimpinan tidak bekerja sendiri melainkan melalui bawahannya yang merupakan tangan-tangan pembantu pimpinan dalam melalukan pekerjaannya.